Strategi Menjalankan Bisnis Keluarga Agar Semakin Sukses

Berapa banyak pengeluaran, modal dan pendapatan yang selama ini ada. Perhitungkan juga aset – aset perusahaan yang dimiliki, jika perlu lakukan inventarisasi ulang sehingga kamu tahu detil apa saja yang dimiliki selama bisnis ini berjalan. HarianBernas.com -Beberapa waktu yang lalu, penulis berkesempatan berdiskusi ringan dengan salah satu generasi penerus bisnis keluarga yang bergerak di bidang sumber daya alam.

Rencana yang kuat dapat memandu bisnis melalui perubahan dalam manajemen dan dapat membantu setiap anggota menghindari konflik. Salah satu masalah paling umum lain dalam bisnis keluarga adalah tekanan untuk mempekerjakan kerabat. [newline]Kekurangan kedua yang dialami para pelaku usaha keluarga adalah jabatan yang diemban atau diberikan terkadang tidak sesuai dengan spesialisasi dari anggota keluarga tersebut. Jabatan atau tanggung jawab tersebut tidak berdasarkan kemampuan dan kualitas yang dimilikinya.

Jadi, apakah bisnis keluarga atau bukan, bisnis harus ditangani sebagai usaha yang serius dan bukan sesuatu yanga dianggap sebagai hobi, karena akan mengakibatkan kegagalan jika tidak ditangani dengan baik. Saat menjalankan bisnis sendiri, mungkin Anda tidak terlalu dibebani dengan warisan dan tradisi, sehingga Anda bisa menerapkan sistem secara bebas dalam mengelola bisnis Anda. “Saya senang bisa mengembangkan bisnis bersama Lazada, sekaligus tetap bisa mendampingi anak-anak dan memberikan yang terbaik bagi keluarga. Walaupun kini anak-anak saya sudah mulai menjalankan bisnis serupa, saya tidak takut mereka menjadi pesaing bisnis. Sebagai seorang ibu, saya sangat bangga melihat anak-anak bisa membangun usaha, memiliki tekad dan kegigihan untuk mandiri. Pesan dari saya untuk para ibu lainnya adalah janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi; tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba,” tutup Ida.

Kalau Moms punya 10 ribu pengikut dan telah mengubah akun ke versi instagram bisnis, maka Moms bisa menambahkan tautan di Instagram Stories. Sebagai pemilik akun bisnis, Moms pun bisa membatasi siapa saja yang bisa tag akunmu terkait konten brand. Apakah akun instagram bisnis Moms mendapat banyak dapat DM yang isi pesannya mirip-mirip? Moms bisa nge-tag langsung foto produk di feeds dan kemudian mengarahkan ke halaman Shopping. Moms bisa langsung mengetik keyword kategori yang pas di kolom Search.

Cara berbisnis dengan keluarga

Lambat laun, begitu Anda paham dan orangtua sudah percaya untuk Anda memegang perusahaan, maka Anda sudah siap berada di posisi puncak memimpin bisnis keluarga. JAKARTA, AYOBEKASI.NET — Saat ditunjuk untuk meneruskan bisnis keluarga, mungkin tidak sedikit orang menjadi ragu. Usia yang menjadi alasan, memaksa mereka melakukan kaderisasi untuk mempersiapkan tongkat kepemimpinan selanjutnya. Mereka hanya ingin, agar apa yang sudah dicapai selama ini, memiliki penerus dan tidak mandek saat mereka sudah tidak lagi produktif. Hal tersebut, yang haruslah menjadi pertimbangan bagi generasi selanjutnya untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bisnis keluarga. Di samping sedikit bisnis keluarga yang bisa bertahan tersebut, ada banyak kasus di mana bisnis keluarga tidak bisa bertahan antar generasi.

Kemudian, saudara Kamu bisa melakukan peran lain, seperti mengelola toko dan memasarkan produk secara online. Jangan dikira karena orang tuamu sudah sukses menjalankan bisnis ini lalu kamu jadi santai – santai. Ini salah besar karena mempertahankan itu jauh lebih susah daripada memulai lho BAF Friends. Lakukan pengembangan dengan inovasi terbaru, mungkin lewat produk yang ditawarkan ataupun cara berpromosi.

Komunikasi dan profesionalisme lain yakni terkait masalah pengelolaan keuangan yang bahkan seringkali bersifat sangat sensitif. Terkadang meskipun sudah ada pembagian tugas antar anggota keluarga, masih saja ada yang merasa curiga dengan pengelolaan keuangan. Untuk mengantisipasinya, perlu membuat sistem keuangan yang transparan dan sistematis, sehingga semua anggota keluarga bisa melihat kondisi keuangan bisnis keluarga. Baru-baru ini, bisnis kuliner Gibran Rakabuming bernama Mangkok Ku menerima suntikan dana tahap awal sebesar 2 juta dolar AS atau setara Rp28,3 miliar dari salah satu firma modal ventura bernama Alpha JWC Ventures. Gibran berkata dana segar ini, di antara hal lain, akan dipakai untuk membuka gerai-gerai baru.

Tak itu saja, mereka juga mengembangkan bisnis kulinernya ini dengan membuka restoran bernama Food Update Cafe yang menyajikan ayam penyet serta indomie kekinian. Belum puas dengan hal ini, ia pun mengajak sang adik, Vadi Akbar, untuk membuka bisnis bersama. Lakukan bisnis ini dengan rendah hati, kesombongan akan mempengaruhi persepsi orang tentang warung kita. Banyak tamu yang tidak akan datang karena kesombongan pelayan atau pemilik usaha.