Alasan Mengapa Bisnis Properti Masih Menjanjikan

Alasan menjadi salah satu faktor penting untuk Anda ketahui dalam investasi properti. Jangan sampai Anda melakukan hal demikian karena semata ikut-ikutan tanpa arah tujuan yang benar. Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari. Trik yang dimaksud misalnya ruko yang biasa kita sewakan untuk kantor bisa dijadikan usaha kos.

Untuk mencari properti yang dijual, pertama-tama kamu harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat kamu. Lokasi sangat menentukan harga dan minat, galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli pun memiliki gambaran yang memuaskan akan pilihan rumah yang ada. Harga tanah yang setiap tahun mengalami kenaikan dan gencarnya pembangunan perumahan penduduk menjadi peluang besar untuk Anda.

Menurut penuturan Andi Saputra, pengusaha properti di Depok dan Bogor, memulai bisnis properti tidak harus punya segudang uang. Jadi boleh dikatakan bisnis ini saya awali bukan dengan modal dengkul, melainkan dengkulnya kawan yang saya pakai,” tutur Andi, sambil tertawa. Sudah tau beda investasi properti dan bisnis properti, silakan pilih mau dikemanakan aset properti kamu. Beda investasi properti dan bisnis properti memang sudah dapat terlihat dari bagaimana definisi dan mekanismenya. Menelisik dari perbedaan tersebut, ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin memilih salah satunya. Berbeda dengan berinvestasi di jenis properti lain seperti ruko atau kantor, rata-rata penyewa hanya mengontrak dalam jangka waktu satu dua tahun saja .

Berbisnis properti sangat menguntungkan

Situasi inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis, dan peluang paling realistis yang bisa Anda manfaatkan adalah melakukan jual beli rumah. Selain itu, Anda juga bisa memfungsikan diri Anda sebagai makelar tanah dan rumah, yang tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Yang harus Anda perhatikan jika menjadi makelar adalah mencari target konsumen, yang membutuhkan niat dan waktu yang tidak terbatas. Terakhir, bisnis dibidang properti dengan modal minim untuk pemula yaitu bisnis properti melalui pasar modal. [newline]Untuk menjalankan bisnis ini kamu harus membeli saham dari perusahaan properti. Bisa dikatakan bisnis ini adalah wujud lain dari kegiatan investasi. Nah setelah kamu membeli dan mengelola saham, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan saham.

Alasannya karena investasi dalam sektor properti cenderungaman, tak pernah ada istilah rugi, barang bersifat tetap sehingga mempunyai peluang yang sangat besar untuk menguntungkan. Nah, saat itu pula kita bisa meminta bank untuk melakukan penaksiran ulang atau appraisal. Bank akhirnya menyetujui dan memberikan pinjaman lagi sebesar Rp 1,1 miliar. Dana pinjaman itu kita gunakan untuk menutup utang sebelumnya senilai Rp 600 juta.

Bisnis ini memang cocok bagi Anda yang tak memiliki banyak modal dan tertarik di bidang properti. Anda cukup menyewa sebuah bangunan yang bisa Anda buat menjadi aset usaha. Yakni dengan cara menyewakannya lagi kepada orang lain untuk dibuat tempat usaha. Hal yang semacam ini seringkali terjadi, padahal peluang usaha itu tidak akan mencul untuk kedua kalinya. Mulailah berbisnis dengan jujur agar pembeli puas, penjual senang, dan Anda dipercaya. Ini juga menjadi awal mula perkembangan karir Anda di dunia bisnis properti.

Ada juga alternatif lain selain menjual properti tersebut dengan menjadikannya sebagai kos-kosan atau dikontrakkan. Properti saat ini memang telah menjadi sesuatu yang berharga nilainya. Ini tidak lain tidak bukan dikarenakan harga properti yang tinggi dan selalu naik setiap waktunya. Dari sinilah kemudian kita bisa mendapati banyak orang yang menanamkan modalnya di bidang ini baik itu dalam wujud bisnis atau investasi. Tapi untuk menjalankan bisnis dibidang properti tersebut masih banyak yang beranggapan butuh modal besar.