5 Cara Mudah Membangun Bisnis Keluarga Agar Bertahan Selamanya

Untuk memperkaya pengalaman di dunia bisnis, pemegang gelar Master of Engineering itu bekerja di berbagai perusahaan sebelum masuk Grup Ciputra. Menghadapi permasalahan semacam ini, langkah terbaiknya adalah menyelesaikan tugas yang jadi prioritas utama. Lalu untuk pekerjaan lain yang bukan merupakan prioritas utama dapat dikerjakan lain waktu atau diserahkan dan didelegasikan pada orang lain. Pemilik Daster Batik Ony, Tiffany mengaku bahwa dirinya mendapatkan edukasi, pelatihan dan pendampingan dalam terus memaksimalkan bisnis yang dimilikinya. Menurut Tiffany, materi-materi yang diberikan oleh Shopee sangat membantu terlebih lagi di masa pandemi ini, di saat Tiffany harus memfokuskan penjualannya secara online demi tetap bisa membiayai pegawainya. Layanan investasi reksa dana online Ajaib Reksa Dana memberikan aneka pilihan reksa dana terbaik.

Cara berbisnis dengan keluarga

Selanjutnya Anda bisa merasa lebih recent saat kembali menjalankan bisnis. Menjalankan bisnis dengan kondisi emosi dan pikiran yang contemporary tentunya akan lebih baik hasilnya. Anda jadi rentan mengalami stres yang dampaknya justru tidak bagus untuk kelangsungan bisnis Anda. Berbicara tentang tantangan dalam mengelola kehidupan kerja bersama, mereka mengatakan, “Itu adalah tantangan pada awalnya karena kami tidak pernah bekerja sama dan tidak tahu bagaimana memisahkan pekerjaan dan kehidupan.

Untuk itu, dalam membuat perjanjian ini Anda harus memerhatikan isi perjanjian dengan baik dan pastikan bahwa perjanjian tersebut telah memenuhi syarat sahnya perjanjian. Dikarenakan berbisnis dengan keluarga, Anda mungkin menganggap anggota keluarga sangat bisa dipercaya sehingga tidak akan terjadi masalah selama bisnis berjalan. Hal ini menjadi sebuah kerugian baik dari sisi finansial maupun dari sisi hubungan keluarga. Dampak yang ditimbulkan bisa besar, apalagi kalau bisnis tersebut dibangun dari modal seluruh anggota keluarga.

Dan banyak yang bilang, jika usaha rumahan ini sangat pas bagi ibu rumah tangga karena waktunya yang sangat fleksibel. Fleksibel bagi mereka yang bisa mengurus bisnis tersebut dengan baik. Keinginan dari dalam diri untuk memulai bisnis terkadang tidak semulus dengan apa yang diimpikan.

Sehingga mereka dapat membuat keputusan tanpa bias demi kebaikan bisnis. Situasi ini mengakibatkan tekanan bagi pemilik usaha dalam memenuhi harapan keluarga dan terkadang, hal ini menghalanginya untuk melakukan hal yang diperlukan untuk meningkatkan operasional bisnis. Sebagai tambahan, dia juga ditekan untuk membuat keputusan yang dapat diterima oleh semua anggota keluarga agar dapat menikmati hubungan yang harmonis di rumahnya. Meskipun begitu, tidak sedikit dari bisnis keluarga yang akhirnya menjadi Collapse, karena generasi penerus tidak bisa menerapkan warisan tersebut dengan baik. Maka dari itu, mempersiapkan generasi penerus harus dilakukan sejak dini, agar bisnis keluarga dapat bertahan hingga beberapa generasi berikutnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kelola keuangan dalam bisnis keluarga dengan transparan.

Seorang konsultan bisa menjadi mediator, sekaligus membantu merencanakan bisnis menjadi lebih baik. Bisa saja, semua pihak ingin keputusannya diterima, dan tentu hal ini bisa membuat suasana bisnis berjalan tidak maksimal. Tentu saja, mereka berharap bisnis dapat tetap berkembang jauh mengikuti perkembangan zaman tersebut. Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Sebagai tambahan, dengan memisahkan pribadi dengan profesional akan membuat pemilik bisnis lebih fleksibel dalam membuat keputusan di tempat kerja. Tentukan juga, siapa yang menjadi pemimpin dari bisnis keluarga ini. Bisnis keluarga juga harus memiliki visi dan misi bisnis yang jelas, agar pihak-pihak yang terlibat juga memiliki tujuan yang sama dalam bisnis keluarga tersebut.

Hasilnya, bisnis tersebut mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Gary bahkan berhasil menaikkan jumlah penjualan, dari 3 juta USD menjadi 60 juta USD, hanya dalam waktu 5 tahun. Jangan berpikir bahwa ketika mengembangkan sebuah bisnis keluarga, semua hal dalam bisnis Anda harus berhubungan dengan keluarga.

Pada situasi lain, pemimpin saat ini melihat bahwa tidak ada satu pun dari calon penerusnya yang dianggap mampu. Kedua hal itulah yang sering menjadi dilema bagi seorang pemimpin untuk melakukan regenerasi. Pihak lain yang juga kadang menolak adanya regenerasi adalah pasangan dari sang pemimpin saat ini.